Monday 18 July 2011

Om Mau Beli Belas.....???

Hari ini saya di kota palu Sulawesi tengah baru 2 bulan karena tuntutan kerjaan.jauh dari keluarga dan pujaan hati.Apa mau dikata,demi masa depan kami pun harus jalani ini semua walaupun sangat menyakitkan buat perasaanku

Seperti biasa aktivitas pagi saya dimulai dengar kerja yg menjadi rutinitas sehari hari.diawali dengan segelas kopi dan ditemani rokok ditangan.menyiapkan laporan buat bahan meeting atasanku.

Tak selang berapa lama temanku ku datang sambil membawa sebungkus makanan yg aku pesan tadi pagi,dan aku pun memulai makan...dan aku akhiri dengan minum segelas susu dan tak lupa juga rokok..hehehheee...pola hidup yg tak sehat....(itulah kebiasaan buruk ku)

Kejenuhan pun mulai datang karena Ativitasku yg selalu didalam kantor terus menerus,dan rokok pun mulai habis,dan aku memutuskan mencari rokok kewarung..

Dlm perjalanan kewarung ,tiba seorang anak kecil memanggil saya...Om...Om....
Saya melihat suara yg agak aneh,seperti suara yg kurang jelas..
Iya....jawabku,aku pun menoleh keanak itu dan aku lihat anak itu mengalami bibir sumbing sambil membawa sekantong plastik beras dikepalanya..

Mau beli belas ku om...???tanya anak itu...

Beras...???buat apa aku beli beras,setiap hari saya makan selalu beli diwarung.(dalam hati kecilku)

Tidak......!!jawab ku....

Aku pun mulai tertegun heran melihat usaha anak kecil itu...
Karena selalu mengikuti saya dari belakang selalu memanggil Om Om Om...
Aku Tanya lagi kamu disuruh siapa jual beras?
"Di suluh nenek Om......."(logat bahasa anak itu)
Emank buat apa kamu disuruh jual beras....???tanya ku kembali
"Untuk bayal sekolah Om....."jawabnya

Aku pun terdiam merasakan sakit dihati....mungkin aku teringat adikku yg dirumah.dia tak harus susah payah seperti ini untuk biaya sekolah,krn kami semua (keluarga)masih mampu biayain adik untuk sekolah.

seorang anak kecil,rela menjual beras Neneknya hanya untuk biaya sekolahnya...tak tahu apa yg mereka makan nanti,bila beras itu sudah terjual....!!!mataku pun mulai mengeluarkan air mata karena melihat keadaan anak kecil itu.

Lalu aku suruh tunggu dia dijalan karena saya mau pergi kewarung tuk beli rokok,saat saya balik anak kecil itu pun masih setia menunggu saya...trus saya ajak anak kecil itu ke kantor sambil merangkul nya.

Aku pun menyuruh dia untuk menunggu..tetapi yang buat saya heran anak kecil itu malah duduk dilantai depan pintu,..."iya om saya tunggu disini aja.."jawabnya.

Saya pun masuk ke kantor lalu mengambil uang untuk nya....
Meskipun tak banyak tapi setidaknya cukup membantu biaya sekolah nya
Ini dik ....uang buat adik....."makasih Om.....
Om mana tempat untuk wadah belasnya...tanya dia.
Untuk apa...???biarlah beras itu untuk makan kamu sama nenekmu nanti...
Tapi om....???tanyanya kembali
Udah tak usah pakai tapi tapi..bawa saja....
Makasih om.....makasih om....lalu dia pun berjalan kembali sambil membawa beras dikepalanya...
Oiya dik.....!!panggilku,sekolah yang rajin yach....!!
Iya Om.....!!jawab nya

Saya pun berdiri di samping pintu sambil berdoa semoga anak itu menjadi anak yg pintar dan sukses nanti nya.Amin

By
IMAM PRIESTIAN
Palu ,Sulawesi tengah